Umat Islam Dibantai China, Badko HMI Sumut Geram

0
349

Mmorr.news- Dunia kembali diguncang dengan persoalan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang mengguncang kelompok muslim Uyghur di Xinjiang, China. Dua juta lebih muslim Uyghur di Xinjiang mengisi kamp pengungsian, pemerintah China menganggap muslim Xinjiang sebagai kelompok ekstrimis yang membahayakan.

Menanggapi hal itu, badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara menyayangkan sikap yang dilakukan pemerintahan Cina menyikapi persoalan muslim Uyghur. HMI Sumut menganggap persoalan Uyghur adalah persoalan besar kemanusiaan, banyak terjadi pelanggaran HAM terhadap kelompok minoritas di Cina tersebut.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Badko HMI Sumut M. Alwi Hasbi Silalahi kepada wartawan di Jalan Adinegoro Medan, Senin 17 Desember 2018. Hasbi menilai persoalan Uyghur ini harus disikapi bukan hanya persoalan mereka sebagai kelompok muslim, tetapi ini persoalan pelanggaran kemanusiaan di dunia.

“Kita melihat persoalan ini bukan hanya persoalan muslim, ini adalah persoalan kemanusiaan. Regulasi tentang HAM yang sudah menjadi produk mengawal hak hak kemanusiaan di dunia banyak yang dilanggar pada persoalan menangani muslim Uyghur itu” tutur Hasbi.

Lebih lanjut Hasbi juga menyampaikan HMI Sumut akan ikut menggelar aksi Solidaritas untuk muslim Uyghur sesuai instruksi dari PB HMI. Kita ingin meminta pemerintah Indonesia untuk ikut melihat persoalan Uyghur sebagai persoalan yang juga harus didorong untuk di selesaikan dunia.

“HMI Sumut akan ikut dalam aksi nasional yang diinisiasi PB HMI pada 18 Desember 2018 atau esok hari, kita ingin menyampaikan kepada pemerintah sesuai pembukaan UUD 1945, negara Indonesia juga bertanggung jawab dalam menjaga perdamaian dunia termasuk di Uyghur” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here