Tulisan Tangan Sri Mulyani di Penghujung 2017, Simak Isinya

0
54

MMORR.NEWS, Jakarta – Di penghujung tahun 2017, Menteri Keuangan Sri Mulyani menuliskan surat untuk seluruh staf dan jajaran Kementerian Keuangan.

Dalam tulisan tangan sebanyak enam halaman, Sri Mulyani mengungkapkan apresiasinya kepada 78.484 pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang telah mengelola dan menjaga keuangan negara dan mendukung pembangunan nasional.

Tak lupa, salah satu Srikandi dalam Kabinet Kerja tersebut juga tetap memberikan semangat kepada seluruh pegawai di Kemenkeu untuk menyongsong 2018 dengan optimisme dan rasa percaya diri untuk berkarya lebih baik lagi.

“Terus rendah hati untuk tidak pernah lelah melayani bangsa dan negara Indonesia,” tulis dia di akhir surat.

Berikut petikan lengkap surat dari akun resmi facebook Sri Muyani Senin (1/1/2018):

Kepada seluruh staf dan jajaran Kementerian Keuangan

Tahun 2017 akan segera berakhir, banyak hal saya lalui bersama 78.484 pegawai kemenkeu dalam mengelola dan menjaga keuangan negara dan mendukung pembangunan nasional untuk mencapai cita-cita bangsa mencapai kemakmuran yang berkeadian dan beradab.

Tahun 2017 adalah ta7un kerja keras seluruh jajaran Kemenkeu, yang membuahkan berbagai capaian membanggakan. Untuk pertama kalinya sejak 2004, Lapiran Keuangan Pemerintah Pusat mendapat opini Wajar Tanpa Penegcualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan. Pada Bulan Mei 2017, Indonesia meraih periingkat Investment Grade dari Standard & Poor, keniakan peringkat sejak 2011. Dan di akhir tahun ini, Fitch Rating menaikkan peringkat Indonesia menjadi BBB, peringkat tertinggi yang kita raih sejak 1995.

Laporan keuangan dan pengelonaan Keuangan Negara dalam APBN kita telah sejajar dengan negara maju, saya minta terus dipertahankan dan diperbaiki.

Tahun 2017 stabilitas ekonomi negara terjaga dengan momentum pertumbuhan, pengurangan kemiskinan dan kesenjangan serta penciptaan kesempatan kerja harus terus didorong. APBN harus menjadi instrumen fiskal yang efektif dan kredibel serta sustainable tulang lunggung ekonomi yang terus diperkokoh. Jaga prestasi DJ Perbendaharaan & DK PPR, penerimaan negara harus terus ditingkatkan namun tidak boleh melemahkan momentum perkuatan ekonomi.

Program amnesti pajak yang berakhir pada bulan maret 2017 tercatat sebagai program amnesti pajak tersukses di dunia, dilihat dari jumlah deklarasi harta sebesar Rp 4.881 triliun (39,5% dari produk domestik bruto) dan uang tebusan mencapai Rp 135 triliun (1,08% PDB).

Saya minta DJP terus menjalankan perbaikan dan reformasi, perbaikan aturan/regulasi, organisasi, kualitas sumber daya manusia, proses bisnis dan sistem informasi. Kita telah berhasil memyiapkan perangkat undang-undang untuk melaksnaakan program automatic exchange of confirmation, laksanakan dengan konsusten dan sungguh-sunggu untuk memerangi penghindaran dan kejahatan perpajakan.

Saya harap DJP mampu mencapai target penerimaan pajak sesuai dengan yang ditetapkan ABPN 2018 dan seterusnya.

Saya juga meminta DJP memperbaiki layanan dan kemudahan pembayaran pajak, terutama untuk usaha kecil menengah (UKM).

Tahun 2017, Direktorat Bea Cukai berhasil melampaui target penerimaan kepabeanan dan cukai di atas 100 persen. Selamat atas prestasi ini, yang pertama kali sejak 3 tahun.

Untuk Bea Cukai

Prestasi penerimaan DJBC juga dibarengi upaya penertiban inportir borongand an pemberantasan cukai ilegal. Sata pahak tugas tersebut tidak mudah. Saya minta komitmen dan upaya takkenal lelah dan pantang mundur jajaran DJBC menjaga daerah pabean Indonesia dari kejahatan cukai dan kepabeanan, termasuk dari masuknya barang narkoba yang mengancam rakyat Indonesia, terus dilakukan.

Jasa anda menjaga Indonesia adalah luar biasa.

DJBC juga harus memperbaiki layanan dan kemudahan bagi UKM dan masyarakat luas. Tunjuukkan dab buktikan bahwa legal dan patuh adalah mudah.

Saya menghargai DJ anggaran dalam menjaga disiplin belanja angagran dan mendorong efisiensi dan ekektivitas anggaran. Belanja ABPN difokuskan untuk membangun infrastruktur, membangun kualitas sumber daya manusia (pendidikan dan kesehatan), perlindungan sosial dan membangun institusi dan menjaga keamanan dan pertahanan negara.

Masyarakat telah menikmati sebgaian hasil dalam bentuk 611 km jalan baru, 6.110 m jembatan, 91,7 juta jaminan kesehatan terutama untuk masyarakat miskin, 16,4 juta Kartu Indonesia Pintar untuk siswa tidak mampu, 339,3 ribu beasiswa didik untuk mahasiswa, 5,99 juta bantuan program keluarga harapan dan bantuan pangan non tunai.

Kelola Anggaran dengan baik

Transfer dana APBN ke daerah dan dana desa adalah untuk mrwujudkan keadilan dan pemerataan seluruh Indonesia. Daerah diharapkan lebih efisien akuntabel dan disiplin dalam mengelola keuangan daerah (APBD). Pemerataan kesejahteraan daerah terlihat dari perbaikan indeks williamson dari 0,75 menjadi 0,597.

Daerah yang memperoleh opini WRP dari BPK meningkat dari 312 menjjadi 378 daerah.

DJ Pertimbangan Keuangan harus terus memperbaiki kebijakan, isntrumen, pengelolaan dan hasil nyata keuangan daerah sehingga rakyat dapat menikmati pelayanan publik yang membaik dan kesejahteraan diseluruh pelosok tanah air terwujud.

Kekayaan negara dan aset negara yang dibangun dengan uang APBN harus dikelola dan dijaga dan dimanfaatkan dengan iotimal untuk menggerakkan ekonomi. Revaluasi 350 ribu barang milik negara dari Sabang hingga Merauke harus dilaksanakan secara tuntas untuk mengaktualkan nilai aset dan meningkatkan penggunaannya.

Hadapi risiko utang

Kemenkeu harus menjaga keuangan negara dari segi risiko termasuk mengelolaan utang negara. Peningkatan rating utang dan kepercayaan para investor pemegang surat berharga negara garus diterjemahkan dengan penurunkan biaya utang, menjaga stabilitas pembiayaan dan makin berkembangnya pendalaman pasar obligasi negara.

Indonesia telah menerbitkan surat utang dengan format SEC registed yang mengembangkan dan memperluas hasil investor dan membuka akses pasar lebih luas dan lebih efisien. Jaga prestasi dan kepercayaan tersebut.

Kunci keberhasilan Kemenkeu adalah pada kualitas SDM, perbaikan organisasi dan kepemimpinan seluruh unit. Perbaiki kualitas dan kompetensi SDM kita melalui pelatihan dan pendidikan (BPPK), jada dan perkuat organisasi oleh Kesekretariatan Jenderal dan awasi dan bina kinerja oleh Inspektorat Jenderal. Integritas dan profesionalitas adalah tidak bileh ditawar.

Kita telah meraih penghargaan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM) tahun 2017 pada beberapa unit Kemenkeu pada Peringatan Hari anti Korupsi 2017.

Kemenkeu juga meraih sebagai kementerian terbaik dalam keterbukaan informasi publik. Prestasi-prestassi inni tidak hanya kita syukuri namun juga harus memacu kita semua untuk menjadi main baik, menuju kesempurnaan dengan terus memperkuat sinergi.

Kepemimpinan yang beritegritas dan melayani harus ditumbuhkan agar Kemenkeu senantiasa mampu menjaga prestasi, inovasi, produktivitaas dan efektivitas dalam mengelola keuangan negara dan terus menularkan budata optimis.

Tetap Semangat di 2018

Jaga Kepercayaan rakyat dan penuhi janji Kemerdekaan Republik Indonesia. Jangan pernah lelah mencintai Republik Indonesia. Terus membangun dan membuat perbaikan di bumi pertiwi. Karena demi masa depan, sesungguhnya manusia itu dalam keadaan merugi, kecuali mereka yang terus-menerus melakukan amalan baik dan memperbaiki dunia dan menanamkan investasi bagi kehidupan akhirat.

2017 segera kita tinggalkan, dan waktu kita untuk melakukan refleksi diri. Tahun 2018 kita songsong dengan optimisme dan rasa percaya diri untuk berkarya lebih baik lagi. Terus rendah hati untuk tidak pernah lelah melayani bangsa dan negara Indonesia.

Terimakasih atas karyamu….. Amazing team!

Sri Mulyani Indrawati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here