Terbentuk All, DPRD Jatim Apresiasi Dukung Peningkatan Kerjasama Jatim Dan Australia

0
42

Surabaya: DPRD Jatim mendukung terbentuknya The Australia-Indonesia Institute (All) sebagai upaya peningkatan kerjasama antara Australia dan Jatim.

“Kami sekali lagi memberikan apresiasi atas terbentuknya All untuk mensejahterakan masyarakat Jatim,”ungkap anggota Komisi B DPRD Jatim Mohammad Alimin saat ditemui di Surabaya, Senin (7/5).

Politisi asal Partai Golkar ini mengatakan salah satu contoh kerjasama antara AII dan Indonesia dalam bidang pendidikan adalah program Australia–Indonesia Bridge Program, dimana program ini menghubungkan guru dan siswa dari kedua negara untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman bahasa dan budaya dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Di Jawa Timur, kata Mohammad Alimin, terdapat 18 sekolah dan madrasah yang telah mengikuti Bridge Program sejak tahun 2009, bahkan hingga saat ini masih aktif berkomunikasi dengan sekolah mitranya di Australia.” Selain Bridge Program, Jatim juga memiliki program pengiriman santri ke Australia sejak tahun 2005,”terangnya.

program tersebut,kata Mohammad Alimin berada dibawah kerjasama Sister Province/State Jatim–Australia Barat. Awalnya, program ini merupakan upaya melawan image negatif tentang pondok pesantren yang dianggap sebagai sarang teroris. Santri dikirim ke Australia Barat agar berinteraksi langsung dengan masyarakat sehingga timbul rasa saling memahami, yang pada akhirnya bisa mengurangi resistensi masyarakat Barat terhadap ponpes.

“Seiring dengan berkurangnya image negatif tentang ponpes, maka tujuan pengiriman santri ke Australia Barat berkembang menjadi peningkatan SDM dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki Australia Barat, yakni melalui pelatihan bidang pertanian dan peternakan,” jelasnya.(Yudhie Arie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here