Suplai Kebutuhan Industrial PT. Jorong Port Jalin Kerja Sama

0
42

Jakarta – Demi mensuplai kebutuhan kawasan industri, PT. Jorong Port Development menjalin kerjasama bisnis dengan PT. Pertagas Niaga (anak perusahaan PT Pertamina yang khusus bergerak dalam gas alam dan produk turunannya). Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak yang diselenggarakan di gedung Patra Jasa Office Tower Jakarta, Rabu (28/02/2018).

Direktur Utama PT. Jorong Port Development (JPD), Wisnu Soehardjo mengungkapkan bahwa penyediaan gas sangat dibutuhkan dikawasan industri, disamping utilitas lain seperti listrik, air dan telekomunikasi.

“Jadi kita melakukan kerjasama dengan PT. Pertagas Niaga, karena JPD yang bergerak dikawasan industri tentunya memerlukan sumber daya energi yang reliable, antara lain gas.” Ungkap Presiden Direktur JPD, Wisnu Soehardjo.

Wisnu juga menjelaskan bahwa akses ke kawasan Jorong Borneo, Kalimantan Selatan cukup mudah, baik dari transportasi darat, maupun laut karena lokasinya tepat berada ditengah Indonesia.

“JBIC (Jorong Borneo Integrated City) ini kan tempatnya strategis, punya pelabuhan, jadi kalau dari sumber LNG (Liquid Natural Gas), pengiriman dari Bontang itu bisa ke kita lewat jalur laut dan jalan raya. Jadi prospeknya kedepan cukup bagus.” Ujarnya.

Selain itu, Ia juga menambahkan bahwa dilakukannya kerjasama ini agar bisa “take and balances” antara Pertagas sebagai penyuplai gas dan JPD sebagai pengguna.

“Yang jelas harapan dari MoU ini supaya kita bisa saling bekerjasama, dimana kita juga bisa menggunakan gas dari PT. Pertagas Niaga, sebaliknya kita juga bisa ikut memasarkan Pertagas baik kepada Industri dikawasan JBIC maupun Industri sekitar.” Tuturnya.

Senada dengan hal itu, Presiden Direktur PT Pertagas Niaga, Linda Sunarti mengatakan bahwa kerjasama ini sebagai bentuk sinergitas antara penyedia kebutuhan gas dan perusahaan yang akan membangun Kawasan Industri (KI).

“Sebenarnya ini sinergi antara kami sebagai penjual atau penyedia gas dan JPD ini sebagai perusahaan kawasan Industri yang akan menggunakan gas. Jadi harapannya kita bisa bersinergi, kami mensuplai kawasan industri Jorong dan JPD bisa mendevelop tenant-tenantnya kekawasan tersebut.” Ungkap Presiden Direktur PT Pertagas Niaga, Linda Sunarti.

Linda juga memaparkan, bahwa adanya kawasan industrI di Jorong akan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi masyarakat disekitar kawasan. Dan tentunya infrastuktur juga pasti akan ikut terbangun.

“Harapannya, tentunya kita harus mempercepat bagaimana supaya kawasan itu tumbuh, investor tertarik untuk menanamkan modal di Jorong. Kalau Industri tumbuh tentu masyarakat dikawasan tersebut akan berkembang dan maju tingkat kehidupannya. Kemudian Infrastruktur juga pasti akan terbangun dengan baik dan kami siap support dari kompetensi kami yaitu suplai Gas.” Tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here