Stratakindo: Undecided Voters Capai 38,38% di Pilkada Sumut 2018

0
343

JAKARTA, MMOR.NEWS – Sebanyak 38,38 persen masyarakat di Sumatera Utara undecided voters alias belum menentukan pilihan pasangan calon gubernur pada Pilkada Sumut 2018 yang akan berlangsung beberapa bulan lagi.

Hal itu dikatakan Direktur Lembaga Survei Stratak Indonesia, Oktarina Soebardjo, selasa (27/03), saat merilis hasil survei Pilkada Sumatera Utara 2018, di kawasan Cikini Jakarta. Ia menjelaskan, hal itu terjadi lantaran, masih rendahnya tingkat pengenalan para calon.

Jika hal itu tidak segera diantisipasi, kata Oktarina menambahkan, bukan tidak mungkin fenomena Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) di Sumatera Utara pada tahun 2013 lalu, akan kembali terulang.

Ia menegaskan, jika hal itu tidak segera diantisipasi, bukan tidak mungkin fenomena Pilgub Sumatera Utara pada tahun 2013 akan kembali terulang.

“Partisipasi pilkada di bawah 50 persen itu memalukan. Kalau itu terjadi lagi, berarti sosialisasi gagal. Pesta demokrasi tidak menarik minat rakyat untuk ikut meramaikan,” kata Direktur Lembaga Survei Stratak Indonesia, Oktarina di Kawasan Cikini Jakarta.

Seperti dikatakan Oktarina, survei Stratak Indonesia dilakukan dengan wawancara tatap muka melibatkan sebanyak 820 responden.

Sementara itu, untuk metode yang digunakan, teknik miltistage random sampling, dengan margin of error sebesar 3,5 persen, pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Ada pun survei Pilkada Sumut 2018 itu dilakukan hanya pada dua pasangan calon, yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. Dari hasil survei itu, tingkat elektabilitas Edy-Musa unggul 12,2 persen, dibandingkan Djarot-Sitorus.

Berdasarkan hasil survei Stratak Indonesia, tingkat elektabilitas Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah mencapai 36,91 persen, sementara Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus hanya mencapai 24,71 persen, dan selisih dua pasangan calon itu sebanyak 12,2 persen. (Haji Merah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here