Rayakan Lebaran: Pertama Kali Pawai Obor di Gunung Tembulum

0
51

MMOR.NEWS – Setelah kemarin kementrian agama republik indonesia dalam sidang isbat menentukan 1 syawal 1439 H jatuh pada hari esok, Jum’at 15 juni 2018 maka hari ini (15/6) serentak umat islam di indonesia melakukan takbir bersama.

Begitu pun dengan warga Tembulum Mekarsari kecamatan Pulomerak, yang juga melaksanakan takbir pada malam ini, dalam melaksanakan takbiran warga lingkungan Tembulum dilakukan dengan cara pawai obor keliling kampung.

Pawai dilingkungan ini berbeda dengan perayaan pawai yang dilakukan di tempat lain. Pasalnya lingkungan tersebut berada diatas gunung.

Menurut kepala pemuda link. Tembulum, Sukari, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan karena tempat yang berebeda dengan daerah lain yang berada di pusat kota.

“Ini baru pertama kita lakukan karna melihat tempat yang tidak memungkinkan diatas gunung dan dikelilingi hutan,”Tuturnya.

melihat antusias warga Tembulum pada malam ini, Sukari berencana akan merayakan pawai obor ditahun berikutnya.

Uniknya lagi, warga tersebut tanpa budaya yang sudah turun temurun setiap kamis malam yaitu tradisi riungan dan marhaban.

“Kami mulai acara ini setelah melakukan marhaban yang sudah rutin setiap malam jum’at, makanya kita mulai kegiatan ini jam 21.00” tutur Sukari.

Sementara itu, Ustad Subaitillah, ketua dewan kesejahteraan masjid (DKM) lingkungan tembulum juga mengungkapkan syukur atas terlaksananya kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antar warga menyambut hari raya idul fitri.

“Alhamdulillah acara ini bisa kita laksanakan pertama kali, karna banyak problem yang ada disini terutama warga harus bergiliran mengambil air ke sumur mata air yang ada disekitar desa. Karna daerah sini masih mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih” Ujarnya.(Rizki Irwansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here