Peringatan 18 Tahun SEKAR TELKOM Di Kantor Kominfo, Pantaskah?

0
303

Perayaan 18 tahun Sekar Telkom yang berlangsung dengan kegiatan Seminar Nasional di Gedung Sapta Pesona, 22 Maret 2018 dengan mengangkat tema Regulasi OTT (Over the Top) Yang Berkeadilan mengundang banyak reaksi sinis.

Mantan pegawai PT. Telkom yang tak mau di sebutkan namanya, yang baru saja pensiun menanggapi negatif kegiatan yang berlangsung tersebut. Tanggapan disampaikan lewat email yang diterima redaksi pada Jum’at (23/03/2018)

Pernyataan ini seolah ingin menanggapi langkah SEKAR TELKOM yang dianggap sudah jauh dari ruh perjuangan serikat karyawan yang punya tangggung jawab terhadap nasib karyawan Telkom dan perusahaan secara menyeluruh.

Berikut beberapa hal yang menjadi pandangan yang disampaikan oleh mantan karyawan Telkom yang dirangkum oleh redaksi.

Menyikapi langkah SEKAR TELKOM yang saat ini condong menjadi corong manajemen PT Telkom, saya memiliki pandangan tersendiri yang mungkin jauh berbeda dengan pandangan pihak lain di Telkom.

Soal perayaan 18 Tahun SEKAR TELKOM yang saya baca di salah satu media online, saat ini saya melihat ruh perjuangan Sekar Telkom semakin jauh dari tugas mulia Sekar yang diidamkan banyak pihak termasuk saya. 

Buat saya, seharusnya SEKAR TELKOM fokus menjadi jembatan kepentingan dan kebutuhan karyawan PT Telkom dengan manajemen bukan memposisikan diri seolah ‘kaki tangan’ perusahaan baik dalam ruang lingkup external maupun internal.

Jika kita ingin mewariskan Perusahaan telekomunikasi terbesar saat ini kepada generasi akan datang, SEKAR TELKOM semestinya mulai ikut memikirkan skema perbaikan, termasuk mulai mengoreksi ‘make up’ kinerja yang selama ini dilakukan manajemen demi mempertahankan citra perusahaan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu.

SEKAR harus konsisten mengemban amanah dengan mendorong agenda Good Corporate Governace (GCG), tidak sebaliknya menjadikan SEKAR sebagai kepanjangan tangan menina bobo karyawan. Ini akan menjadi persoalan besar dimasa akan datang yang lambat laun harus ditangani, bukan dengan ‘make up’ kinerja perusahaan seperti saat sekarang.

Ayo berpikir jauh kedepan, kian hari industri telco kian berkembang dengan tantangan yang kian besar, dan mengharuskan kita untuk lebih siap menghadapi arus keterbukaan.

Salam Hormat’

Yang Mencintai Telkom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here