Penerimaan Mahasiswa Baru BINUS University, Eric Fernando Sampaikan Pesan Perdamaian

0
87

Universitas Bina Nusantara juga dikenal dengan Binus University adalah salah satu universitas swasta Indonesia yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.

Di tahun 2018 ini, BINUS kembali melakukan kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari 4 batch. Pada batch yang pertama ini, di sesi kerohanian untuk agama Buddha, KMB Dhammavaddhana menghadirkan Eric Fernando sebagai pembicara.

“Rasanya begitu senang dan gembira bisa menyapa para mahasiswa baru BINUS University, kaget juga karena dapat kabar tiap tahunnya jumlah mahasiswa baru yang beragama Buddha bisa tembus 1.000 orang.” ungkap pria yang pernah mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, MA, PhD.

Acara berlangsung di hari Jumat, 27 Juli 2018, bertempat di Ruang Auditorium Lantai 4. Dalam kesempatan tersebut, Eric menyerukan pesan-pesan perdamaian yang kepada para mahasiswa baru sebagaimana yang diajarkan oleh Buddha dalam Nidhikhanda Sutta.

“Ya tentu harapannya, para mahasiswa sebagai kaum intelektual bisa mempraktekkan pesan-pesan perdamaian tersebut dalam kehidupan sehari-hari.” tutur peraih Juara I Dhammadesana STG Provinsi DKI Jakarta dari Kementerian Agama RI ini.

Binus sendiri dikenal memiliki moto “Membangun Bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi”, kampus yang didirikan pada 8 Agustus 1996 ini kembali mengadakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru. Di bawah kepemimpinan rektor Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti himpunan mahasiswa jurusan ataupun unit kegiatan mahasiswa berkembang pesat. (sumber 1)

Salah satu unit kegiatan mahasiswa yang mendapat apresiasi tinggi adalah Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana.

KMB Dhammavaddhana adalah organisasi kemahasiswaan di bawah naungan BINUS yang bercorak buddhis dalam berkarya, berbudaya dan mengabdi untuk kemajuan serta kelestarian agama buddha yang telah diwariskan Buddha Gautama.

KMB Dhammavaddhana berdiri pada tanggal 25 Juni 1989, ditandai dengan hadirnya 30 orang mahasiswa buddhis. Pada saat itu pula dibentuk struktur organisasi, proposal pembentukan organisasi, dan pemberian nama Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana. Peresmian kepengurusan KMBD dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 1989 secara sederhana dengan kebaktian dan pemberkahan oleh Bhikkhu Cittasanto dan Bhikkhu Andhanavira.

Ketua Umum KMBD yang ke-29 adalah Benny Trico Liumanto, dengan Wakil Ketua Umum Erwin Herwindo.

Visi dari KMB Dhammavaddhana adalah Menjadi panutan bagi KMB – KMB lain serta menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Buddhis Universitas Bina Nusantara yang mempunyai komitmen terhadap kelestarian agama Buddha, menjunjung tinggi HAM, dan memanfaatkan Teknologi Informasi demi kesejahteraan dan kebahagiaan semua makhluk di tahun 2020.

Adapun Misi dari KMB Dhammavaddhana adalah:

Mengembangkan kreatifitas bercorak buddhis dalam berkarya dan berbudaya.
Mewujudkan wadah pematangan Buddhis dalam berpikir dan berpandangan.
Meningkatkan pengetahuan Agama Buddha baik teori maupun praktek.
Menyokong pembabaran dhamma demi kelestarian Agama Buddha.
Menegakkan kemoralan (sila) dan nilai – nilai kemanusiaan.
KMBD terdiri atas Regional Kemanggisan dan Alam Sutera

KMBD Kemanggisan terdapat 5 Bidang dan 1 Badan, yang memiliki fungsi dan tugas nya masing-masing :

Bidang 1 – Education and Creation
Bidang 2 – Public Relation and Social Service
Bidang 3 – Secretariat and Entrepreneurship
Bidang 4 – IT and Creative Media
Bidang 5 – Performance and Arts
Badan GD – Gema Dhammavaddhana Production
KMBD Alam Sutera terdapat 4 Bidang, yang memiliki fungsi dan tugas nya masing-masing :

Bidang 1 – Dhamma and Social
Bidang 2 – Sport, Music, and Internal Relation
Bidang 3 – Entrepreneurs and Public Relation
Bidang 4 – Creative Media
Sumber: www.kmbd.info

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here