MEMBACA ULANG PROBLEM KEPEMIMPINAN ALEX SINAGA

0
153

Desakan agar Direktur Utama PT Telkom Alex Sinaga mundur dari jabatan yang dilakukan banyak pihak melalui berbagai cara menemukan momentum emas di tahun politik.

Desakan ini menggelinding deras bak bola panas. Berbagai pihak yang menyuarakan aspirasinya dengan cara masing-masing pada akhirnya bermuara pada satu kebutuhan, Dirut Telkom harus diganti.

Apa sesungguhnya yang menjadi dasar berbagai pihak menuntut ini, redaksi mencoba menelusuri berbagai message yang muncul. Salah satu yang dapat menjadi telaah kritis adalah pernyataan seorang pensiunan Telkom baru-baru ini dalam memandang kepemimpinan Alex Sinaga.

Terkait gugatan pailit Telkomsel tahun 2012, soal Telkom Metra yang menyisakan persoalan MPLIK, jatuhnya Satelit Telkom 1 yang sempat memicu panik nasional, gugatan PT Citra Sari Makmur (CSM)senilai 16 triliun Agustus 2017, hingga tak kalah gress adalah terkait jatuhnya harga saham Telkom sejak agustus 2017 silam. Saham berkode TLKM yang downtrend menjadi sinyal hilangnya kepercayaan pasar terhadap manajemen Telkom.

Dalam kasus Satelit Telkom 1, persoalannya kini bergulir di Ombudsman, DPR, bahkan mulai menjalar ke penegak hukum karena dugaan adanya aturan yang dilanggar. Bagi semua yang menyuarakan soal satelit yang kini menjadi sampah antariksa, Alex yang harus bertanggung jawab.

Isu yang tak kalah panas yang dapat menghanguskan Alex Sinaga yakni soal dana CSR Telkom yang banyak dituding diskriminatif. Isu ini dikabarkan membuat gerah Kementerian BUMN mengingat, salah satu yang menjadi sorotan adalah sumbangan PT Telkom untuk pembangunan gereja Adonara Nusa Tenggara Timur melalui program BUMN hadir untuk negeri.

Banyak kelompok masyarakat hingga organisasi masyarakat semisal Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah hingga Majelis Ulama Indonesia bereaksi keras atas dugaan diskriminasi soal dana CSR Telkom. Lagi-lagi Alex Sinaga orang yang dianggap harus bertanggungjawab selaku Dirut.

Dari semua yang mengemuka, persoalan dasarnya ada pada karakter kepemimpinan Alex Sinaga. Pemimpin yang baik tentu yang dapat me-manage setiap persoalan dengan baik, memberi solusi. Manager as Leader. Kepemimpinan adalah kata kunci yang kini menjadi soal bagi Alex Janangkih Sinaga.

Salam redaksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here