Laga PSIS-Arema dikawal 600 personel keamanan

0
38

MMORR.NEWS, Magelang – Sedikitnya 600 personel Kepolisian Resor Magelang Kota diturunkan untuk mengamankan laga uji coba antara PSIS Semarang melawan Arema Malang di Stadion Moch Soebroto Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu (7/1).

Wakil Kepala Polres Magelang Kota Komisaris Polisi Prayudha Widiyatmoko di Magelang, Jumat, mengatakan bahwa dalam pengamanan, polisi juga dibantu pasukan dari Batalyon Armed 3/Nagapakca, Kodim 0705/Magelang, Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Magelang, dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemkot Magelang.

Selain itu, ujar dia, tiga peleton Dalmas Satuan Sabhara Polda Jateng, dua peleton Brimob Polda Jateng, dan satu peleton Polres Magelang, dan masing-masing tiga ekor anjing dari Satuan Satwa Polres Magelang Kota dan Polres Magelang.

Berdasarkan hasil rapat dengan pihak panitia pelaksana pertandingan dan koordinator pendukung masing-masing tim, total jumlah penonton laga itu sekitar 10.000 orang, baik pendukung PSIS Semarang maupun Arema Malang, serta penonton umum lainnya.

Ia menjelaskan pengamanan oleh petugas dilakukan, baik di dalam maupun di luar stadion, termasuk di berbagai ruas jalan yang dilalui oleh pemain maupun pendukung dari kedua kesebelasan.

Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap berbagai barang yang dibawa penonton sebelum memasuki Stadion Moch Soebroto di kawasan Magelang Utara tersebut.

Ia menjelaskan penonton dilarang membawa barang-barang yang bisa membahayakan diri dan orang lain, seperti kembang api, petasan, senjata tajam, minuman beralkohol, dan narkotika.

“Semua tentu ingin pertandingan berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar. Kami akan menggeledah barang-barang yang dibawa penonton sebelum masuk stadion,” ujar dia.

Yudha juga menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kemacetan arus lalu lintas, terutama di dalam kota, terkait dengan pertandingan tersebut.

Para pendukung kesebelasan, ujarnya, diarahkan untuk tidak melintasi jalur lalu lintas di dalam Kota Magelang akan tetapi melalui jalur lingkar kota di Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Urip Sumoharjo.

“Kami juga akan mengawal `supporter`, baik saat datang maupun pulang dari stadion,” kata dia.

Pihaknya juga melakukan koordinasi untuk memantapkan pengamanan dengan sejumlah polres tetangga yang wilayahnya akan dilalui pendukung masing-masing kesebelasan, seperti Kabupaten Magelang dan Temanggung.

PSIS Semarang yang akan turun di Laga 1 Indonesia, selama 2018 memanfaatkan Stadion Moch Soebroto Kota Magelang sebagai markas sementara, karena Stadion Jatidiri Semarang sedang diperbaiki.(ant/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here