KOMPAS Desak KPK Tersangkakan Dirut PLN

0
88

MMORR.NEWS – Ratusan kaum muda profesional, aktifis Mahasiswa, Pemuda dan elemen aktifis anti korupsi yang menamakan dirinya KOMPAS (Koalisi Masyarakat Profesional Anti Korupsi) menggelar aksi demonstrasi di gedung merah putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Senin siang (10/09/2018).

Kedatangan masa Kompas ini untuk mendesak KPK agar segera menetapkan Dirut Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai tersangka dalam mega korupsi PLTU-1 Riau yang telah menyeret anggota DPR RI FGolkar Eny Saragih, ex Sekjend Golkar Idrus Marham dan pengusaha Johanes Kotjo senbagai tersangka.

Arbi Koordinator lapangan Kompas mengatakan, Idrus Marham yang mantan Menteri Sosial dan mantan sekjend Partai Golkar saja sudah ditetapkan jadi tersangka oleh KPK dalam kasus ini plus Eny Saragih dan Johanes Kotjo.

“Lantas Sofyan Basir Dirut PLN yang keterlibatannya sangat terang benderang dalam kasus PLTU Riau – 1 ini kok masih sebagai saksi? Kapan KPK mau tetapkan sebagai tersangka?”

“Kami menduga ada kekuatan besar yang melindungi Sofyan hingga masih aman hingga saat ini, maka kami akan terus melawan dan tidak akan pernah berhenti mendesak KPK agar segera menangkap Sofyan Basyir ini”, tegas Arbi.

Kompas juga mendesak KPK agar tak perlu lagi bertele-tele dengan alasan sebagai strategi penyelidikan untuk menetapkan Sofyan sebagai tersangka melihat bukti-bukti CCTV, bukti adanya pertemuan-pertemuan membahas project PLTU Riau 1 di kantor PLN sudah sangat jelas. “Tak perlu lama-lama tetapkan Sofyan tersangka sekarang juga”, pungkas Arbi.

Seperti di ketahui dalam kasus korupsi PLTU Riau 1 ini, Enny Saragih (FGolkar) telah memerima suap sebesar Rp. 500 juta. Sedangkan Idrus Marham di janjikan US$ 1,5 juta serta Enny telah mengaku ada uang mengalir ke Munaslub Golkar tahun 2017 di Bali sebesar 2 Milyar. Ketua Umun Golkar Erlangga Hertanto membantah tuduhan Enny ini. Jika di persidangan terbukti Golkar menerima maka Golkar bisa terancam di bubarkan sesuai UU oleh Mahkamah Konstitusi.****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here