Jargon HMI Milenial Meluas, Begini Penjelasan Muhammad Ridal

0
1986

 

MMORR.NEWS – Muhammad Ridal menegaskan HMI MILENIAL Bukan Hanya Sekedar Jargon
HMI Milenial saat ini terus menjadi buah bibir di kalangan kader HMI. Terutama ketika Kongres HMI XXX di Ambon semakin mendekat. Jargon HMI Milenial membanjiri ruang publik media sosial dan pemberitaan Tanah Air.

Kandidat Ketua Umum PB HMI, Muhammad Ridal menegaskan bahwa jargon HMI Milenial yang ia dan timnya gagas, bukan sekedar tagline politik semata. Lebih dari itu, menurutnya HMI Milenial adalah suatu keharusan zaman, yang apabila tidak dipahami, dapat meruntuhkan perjuangan organisasi.

“Salah satu tujuan jargon itu kan untuk membantu setiap kader agar peka terhadap teknologi dan dunia digital di masa kini” kata Ridal saat ditemui di kawasan tugu proklamasi Jakarta pada 2 Februari 2018.

Ridal menyebut bahwa meski HMI merupakan organisasi Islam, bukan berarti ia harus buta dengan teknologi dan informasi. Sebab menurutnya, dunia Islam bahkan pernah menjadi pusat peradaban paling modern di masa keemasannya.

“Islam adalah agama yang mampu tanpa banyak gangguan doktrinal, mengintegrasikan sistem kepercayaannya dengan kondisi zaman. Sederhanya Modern bukanlah barang asing bagi dunia Islam.” Ujar Ridal

Untuk mewujudkan gagasan HMI Milenial itu, sambung Ridal, salah-satu langkah yang ia tawarkan ialah konsep perkaderan yang dijewantahkan dalam latihan kader. Ridal menegaskan akan mengoptimalkan teknologi sebagai basis pola pelatihan di HMI kedepannya.

“Sejauh ini pola pelatihan kita terbilang masih sangat konvensional, tak jauh dari pola 10 tahun lalu. Saya mengajak untuk beralih ke latihan kader yang dikemas dengan video, visualisasi dan digitalisasi tanpa menghilangkan substansi dari materi pelatihan” kata Ridal.

Menurut Ridal, pola pelatihan ini penting bukan hanya agar peserta tak bosan dan bersemangat mengikuti materi. Ridal menuturkan, pola pelatihan ini bahkan akan membuka jalan baru perjuangan HMI di era digital.

Ridal menyebutkan, dengan HMI Milenial ia beserta Timnya bahkan telah matang merencanakan program modernisasi sistem organisasi, dimana data dan dokumen setiap lini kepengurusan terintegral dalam dunia digital. Sehingga, kerja organisasi akan lebih efektif, efisien dan terencana.

“Kita sudah susun program teknisnya, saya yakin bahwa gagasan ini pantas diterima di kalangan kader HMI serta masyarakat luas di Indonesia” tutup Ridal kepada wartawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here