Jalan Rusak Parah, Warga Minta Pemkab Padang Lawas Bertanggung Jawab

0
101

MMOR.NEWS – Infrastruktur jalan di kabupaten Padang Lawas, merupakan hal yang paling vital untuk kebutuhan masyarakat luas. Meski begitu kondisi jalan di kabupaten ini rusak parah. Hal itu disampaikan Putra Daerah, Tharlis Dian Syah Lubis, kamis (05/04) dalam keterangan tertulisnya.

“Menurut saya, kinerja Pemkab Palas tidak serius malah terkesan tidak becus, saya miris melihat kampung halaman saya ini, apalagi kabupaten ini mekar dari kabupaten Tapanuli Selatan sudah 10 tahun lebih,” ungkap Tharlis kepada Jurnalis.

Tharlis menjelaskan, di kabupaten Padang Lawas saat ini, kondisi jalan rusah dan banyaknya kubangan air, setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. “Jumlah kerusakan jalan, setiap tahunnya malah bertambah, dan banyak kubangan air disetiap jalan kabupaten, di area Ibukota kabupaten.” jelas Tharlis.

Ia menilai, kerusakan jalan di kabupaten Padang Lawas ini, seharusnya menjadi tanggung jawab, dan wewenang pemerintah daerah. Berdasarkan Permen Pekerjaan Umum No 4/PRT/M/2012 Tentang Tata Cara Pengawasan Jalan.

Tharlis mengungkapkan, dalam bab IV, tentang wewenang, Pasal 21 dan bab VII tentang pembiayaan, pasal 28 ayat 3 telah dijelaskan. “Pembiayaan untuk kegiatan pengawasan jalan kabupaten dibebankan kepada APBD Kabupaten,” ungkap Tharlis.

Menurut Ketua Umum HMI Cabang Ciputat itu menjelaskan, dengan didiamkannya jalan rusak ini, perekonomian warga di kabupaten Padang Lawas ini, tidak akan mengalami kemajuan secara signifikan. “Ini adalah tanggung jawab pemerintah kabupaten padang lawas.” tegas Tharlis Dian Syah Lubis, dalam keterangan tertulisnya.

Seperti diketahui, saat ini bupati kabupaten Padang Lawas serta wakil bupatinya, akan kembali maju pada Pilkada di kabupaten Padang Lawas. “Ini hal yang sangat disayangkan, karena tidak ada rasa malu dari diri bupati dan wakil bupati ini, apakah mereka tidak melihat kinerja mereka selama satu periode ini,” ujar Tharlis. (Haji Merah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here