Festival Kampoeng Arab Pekojan, Habib Ahmad Alwi Assegaf : Promosikan Sejarah-Sejarah di Pekojan

0
164
Habib Ahmad Alwi Assegaf Ketua Panitia Festival Kampoeng Arab (Kedua dari Kiri), Minggu 6/5/2018

JAKARTA – Setelah diadakannya Festival Kampoeng Pecinan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta kembali menggelar Festival Kampoeng Arab Pekojan. Festival ini baru pertama kali digelar di wilayah Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. Minggu (6/5/2018).

Habib Ahmad alwi Assegaf Ketua Yayasan Langgar Tinggi yang juga selaku Ketua Panitia Festival Kampoeng Arab Pekojan mengatakan, bahwa dengan diadakannya kegiatan ini tidak lain adalah bagian dari mempromosikan sejarah-sejarah yang ada di Pekojan.

“Diantaranya adalah bangunan-bangunan sejarah juga rumah-rumah yang menjadi cagar budaya, itulah yang kita promosikan untuk dikenal bangsa dan negara kita ini serta masyarakat umum lainnya,” ujar Habib Ahmad Alwi Assegaf.

Dikesempatannya, Kepala Pelayanan Informasi UPK Kota Tua Disparbud DKI Jakarta, Irvan Guci mengatakan, Festival Kampoeng Arab Pekojan merupakan salah satu agenda pengembangan destinasi wisata berdasarkan karakteristik kawasan di Kota Tua.

“Ada tiga kawasan di Kota Tua buffer zone yakni Pecinan, Pekojan, dan Pesisir Sunda Kelapa. Sedangkan kawasan Inti yang berada di tengah yakni Taman Fatahilah,” ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya saat ini fokus mengembangkan berbagai potensi wisata di tiga kawasan pendukung Kota Tua di antaranya Festival Pecinan, Kampung Arab Pekojan dan Kampung Tua Luar Batang.

Sementara Camat Tambora, Djaharuddin dalam sambutannya mengatakan, bicara wisata Kota Tua, Kecamatan Tambora adalah salah satu lokasinya, dimana sebagian atau seluruhnya Pekojan ini adalah salah satu areal destinasi wisata, tentunya perlu ada pengembangan potensi.

Camat Tambora juga mengatakan, seiring Kecamatan Tambora juga memiliki visi dan misi pengembangan Pariwisata dengan pergerakan potensi lokal, kami berharap ini kegiatan-kegiatan positif yang pertama.

“Mudahan-mudahan untuk tahun selanjutnya bisa dijadikan kegiatan rutin tahunan, tapi tentunya kedepan kita akan koordinasikan lebih bagus lagi, ” ujarnya.

Diakhir sambutan menjelang pembukaan acara, Camat Tambora Djaharuddin mewakili Walikota Jakarta Barat memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan festival Kampoeng Arab Pekojan, “Mudah-mudahan kedepan ini bisa dijadikan festival tetap untuk di Kelurahan Pekojan,” tuturnya.

Ditempat sama, Lurah Pekojan Tri Prasetyo Utomo mengatakan, ada lima bangunan cagar budaya yang menjadi bagian dari destinasi wisata kawasan Kota Tua yang berada di Kelurahan Pekojan yakni Langgar Tinggi, Masjid An Nawier, Vihara Dewi Samudera, Masjid Al Anshor dan Masjid Jami Kampung Baru.

“Pekojan sejak dahulu terkenal dengan kampung Arab yang kental nuansa Islami.  Bangunan cagar budaya religi berusia ratusan tahun mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Tua,” pungkasnya.

Rangkaian bunga ucapan selamat dari Senator DKI Jakarta Hj.Fahira Idris turut menghiasi acara Festival Kampoeng Arab Pekojan, tampak hadir pula Kapolsek Tambora, Kompol Iver Son Manossoh, SH, mewakili Kapolres Jakbar, Kombes Pol Hengki Haryadi didampingi Kapospol Subsektor Kopi Ipda Suparsono serta personil Bhabinkamtibmas, Danramil 02 Tambora, Kapten Arz Rizky, juga Lurah Angke M.Dirhamsyah. (rls/heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here