Do-It Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia dengan Berpartisipasi dalam Acara Fintech Days 2018 oleh OJK di Manado

0
102

(Manado-09/08/2018) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mengadakan Acara Fintech Days yang pada kesempatan kali ini diadakan di Four Points Sheraton Hotel di Manado pada tanggal 8-9 Agustus 2018. Acara ini merupakan lanjutan acara yang sebelumnya pernah diselenggarakan di Medan pada bulan Maret 2018 lalu. Acara ini turut mengundang perusahaan penyelenggara fintech yang banyak terdiri dari Fintech lending dengan basis P2P (Peer to Peer) yang menghubungkan pihak pemberi pinjaman dengan pihak yang membutuhkan pinjaman melalui proses yang serba online.

Rangkaian acara Fintech Days 2018 Manado ini terdiri dari Exhibition, Talkshow, Career Days, Consultation, Coaching Clinic, dan Endless Networking. Tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai keberadaan perusahaan fintech yang berada di Indonesia juga diiringi dengan sosialisasi kepada masyarakat demi mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia menjadi lebih baik. Bila inklusi keuangan tersebut dapat diwujudkan dengan baik maka dapat meningkatkan efisiensi ekonomi, mendukung stabilitas sistem keuangan, serta berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi negara Indonesia.

Acara Fintech Days 2018 di Manado ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Bapak Steven Kandouw, lalu juga dihadiri oleh pihak OJK, Asosiasi Fintech, juga beberapa narasumber dari BI, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI, Cyber Crime Bareskrim, Asosiasi Fintech Syariah Indonesia, Asosiasi Blockchain Indonesia, Google Indonesia, Kepala SBU Digital Security– Peruri, dan lain-lain.

Bapak Steven Kandouw dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pihak OJK dan Asosiasi Fintech atas terselenggaranya acara ini di Manado beserta di 6 kota di Indonesia, “Semoga dapat dilanjutkan sosialisasinya hingga sampai ke desa” ungkap Beliau. Beliau juga menyampaikan pesan penting untuk tetap mengoptimalkan potensi sumber daya manusia bersama dengan pemanfaatan teknologi, serta tetap mempertahankan aspek humanisme.

Selain tamu undangan, narasumber, serta pengisi acara, hadir pula masyarakat dari Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari berbagai golongan yakni siswa sekolah, mahasiswa, UMKM, instansi pemerintah, akademisi, pelaku bisnis juga beberapa pihak dari Jakarta yang turut hadir untuk mengikuti acara Fintech Days 2018 di Manado ini.

Kemudian dalam sambutannya, Bapak Hendrikus Passagi selaku Direktur Direktorat Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK mengharapkan bahwa setelah selesai acara, masyarakat mempunyai pemahaman yang sama bahwa setiap negara mempunyai permasalahan yang berbeda, untuk Indonesia permasalahan keuangan dijelaskan oleh keberadaan fintech payment dan fintech lending yang sedang tumbuh sekarang ini. Khususnya untuk Fintech lending sudah menjadi sorotan dari dunia internasional (global).

Dalam Fintech Days 2018 di Manado ini, Platform Do-It turut hadir membuka booth untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Manado beserta para peserta yang hadir dalam rangka mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Do-It sebagai fintech lending mempunyai tujuan untuk membantu masyarakat dalam hal pembiayaan secara mikro, kedepannya Do-It juga menargetkan untuk membantu kalangan pelajar dalam membayar biaya pendidikan.

Jennifer selaku Founder dari Do-It menyampaikan apresiasi yang sangat besar serta ucapan terima kasih kepada OJK yang telah mengadakan Fintech Days 2018 di Manado. Menurut Jennifer, acara ini terselenggara dengan sangat sukses dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan literasi keuangan serta pemahaman akan produk keuangan kepada masyarakat. Fintech Days kali ini juga menjadi forum untuk memperkenalkan produk Do-It dalam rangka mendorong pertumbuhan inovasi dan ekonomi di Indonesia. “Saya yakin pada visi besar OJK dalam upaya mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia serta meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, OJK can Do- It, We can Do-It.”, ujar Jennifer.

Di sisi lain, banyak terdapat berbagai perwakilan dari instansi pemerintahan, koperasi, UMKM di Manado maupun pihak BPR yang hadir ke booth Do-It langsung untuk membahas mengenai pertumbuhan industri keuangan serta perkembangan bisnisnya ke depan. Saat pembicaraan di booth berlangsung pun tak sedikit BPR yang langsung menyampaikan aspirasinya untuk bekerjasama dengan Fintech Lending dalam upaya pengembangan bisnisnya. Salah satu peserta yang hadir ke dalam booth Do-It mewakili Kasubag Universitas Gorontalo menyampaikan harapan bahwa produk fintech dapat masuk ke kalangan mahasiswa terutama himpunan mahasiswa fakultas ekonomi dalam rangka membantu pembiayaan mereka dalam merintis UKM yang sedang digeluti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here