Dilaporkan Ke Polisi, Ketua HMI MPO Membantah Susah Diajak Islah

0
736

 

Mmorr.news – Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Mulyadi P Tamsir, melaporkan Ketua Umum PB HMI MPO (Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi), Muhammad Fauzi, ke Mabes Polri.

Fauzi dilaporkan atas tuduhan dugaan tindak pidana penggunaan logo dan lambang organisasi yang sama. Laporan tersebut karena buntut dari upaya islah yang diklaim dilakukan PB HMI.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PB HMIMPO periode 2013-2015, Puji Hartoyo, membantah bahwa pihaknya sulit diajak islah.

“Barangkali apa yang berkembang diluar terhadap anasir-anasir yang mengatakan MPO sulit diajak islah, itu salah besar. Kita sekalian perlu mengetahui isi sesungguhnya hati teman-teman MPO,” kata Puji Hartoyo saat ‘Simposium Keumatan: Menata Masa Depan’ di Yogyakarta, pekan lalu 24 Januari 2018.

Menurutnya, HMI MPO akan jernih kalau diadakan dialog, akan sangat terbuka. “Bagi saya proses kultural lebih dikedepankan, melalui dialog, kegiatan bersama, perkaderan bersama,” katanya.

Ia pun khawatir, jika dirinya mengeluarkan surat ke cabang-cabang, akan muncul HMI MPO Perjuangan yang baru lagi. Karenanya, Puji pun menawarkan untuk menggunakan kaidah ukhuwwah insaniah yakni langgkah-lengkah rekonsiliasi.

“Ta’aruf (saling mengenal). Dalam proses ini saya yakin antara HMI MPO dan HMI Dipo sudah saling mengenal jauh. Setelah itu tahap berikutnya,” tuturnya.

Kedua, tafahum (saling memahami) dan Ta’awun (saling membantu) dan akhirnya adalah takaful (saling menjaga).

“Jika proses itu telah dilakukan maka akan ada titik kulminasi dimana kedua HMI merasa ada kesamaan yang kuat, saling membutuhkan, atau malah timbul perasaan yang sebaliknya,” pungkasnya.

Source : akurat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here