Dana Investasi RP 25 M Raib, Dirut PT PWU Jatim Tutup Mata

0
42
dirut PT PWU Jatim Basanto

MMOR.NEWS-PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim kembali bermasalah. Pasalnya, salah satu BUMD milik Pemprov Jatim ini ternyata tak bisa mempertanggungjawabkan uang investasi Rp 25 M untuk rencana pembangunan pabrik tepung Tapioka di Tuban. Uang investasi tersebut menguap tanpa ada pertanggungjawabannya. Ironisnya lagi pabrik yang baru akan dibentuk dengan nama PT Cassava Buana Wira Jatim tersebut tak jadi terealisasi.

Menurut salah satu sumber di BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) menyebutkan investasi tersebut muncul adanya kerjasama antara PT Karet Ngagel Wira Jatim dan PT Usaha Buana Ilahi. “ Saat itu dirutnya Arif Afandi dan dirkeu Basanto Yudoyoko. Dan saat ini Basanto Yudoyoko menjabat dirutnya,”jelasnya, Minggu (9/6).

Dalam proses pembangunan tersebut, sambung sumber terpercaya tersebut,kedua perusahaan tersebut sepakat berinvestasi senilai Rp 25 M yang digunakan untuk membeli bahan baku. Tapi faktanya tak terealisasi. Hal ini potensi pidana sehingga perlu ada pertanggungjawaban dari direksi sekarang,’terangnya.

Ironisnya lagi, kata sumber tersebut, uang investasi Rp 25 M tersebut merupakan hasil pinjaman utang terhadap Bank WORI Bersaudara.” Dan yang dijadikan jaminan adalah sertifikat asset milik PT PWU Jatim yang nilai lebih besar dari jumlah pinjaman tersebut,”sambungnya.

Saat ini, meski pabrik tersebut tak terealisasi pembangunannya dan dananya raib, kata sumber tersebut , PT PWU Jatim diwajibkan membayar bunga atas jaminan sertifikat tersebut. (Yudhi Arie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here