Bukan Cuma Bangun Infrastruktur, Pemerintah Juga Harus Fokus Benahi SDM

0
61

MMOR.NEWS – Selain melakukan pembangunan infrastruktur, presiden Jokowi juga harus melakukan pembangunan sumber daya manusia, terutama dibidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan lapangan pekerjaan. Dengan jumlah anggaran yang besar, jumlah anggaran tersebut juga harus diawasi penggunaannya.

Lapangan pekerjaan harus dibuka dengan selebar-lebarnya, masyarakat juga harus diberikan pelatihan, agar dapat meningkatkan kompetensi kerjanya. Hal itu disampaikan Ketua Umun Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, Sahat Martin Philip Sinurat, dalam keterangan tertulisnya.

“Pemerintah seharusnya tidak hanya memberikan ruang yang lebar bagi investasi korporasi besar, namun juga memberikan kemudahan dan dukungan untuk koperasi dan usaha mikro rakyat di seluruh daerah.” kata Sahat Sinurat.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga menyingung soal reforma agraria, yang saat ini tengah digaungkan pemerintah. Saat ini, kata Sahat menegaskan, program pemerintah masih harus dievaluasi pelaksanaanya. “Di beberapa daerah seperti Kepulauan Aru, Pulau Sumba, atau pun berbagai daerah lainnya, terjadi konflik lahan antara masyarakat adat dengan pemilik modal.” tegas Sahat Sinurat, dalam keterangan tertulisnya.

Saat ini, kata Sahat, pemerintah telah memberikan kesempatan bagi investor untuk membuka lahan pertanian, peternakan dan pariwisata, namun kurang memikirkan bagaimana masyarakat lokal juga dapat mengelola lahannya dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Lahan-lahan masyarakat lokal ada yang sudah beralih kepemilikan kepada para pemilik modal baik dari Jakarta maupun luar negeri. Masyarakat yang hidup di pesisir juga sulit mencari ikan, karena banyaknya kebijakan sektor perikanan yang membatasi ruang gerak mereka untuk hidup.” tegas Ketua Umum PP GMKI, Sahat Sinurat.

Akibatnya, sambung Sahat, masyarakat desa kebanyakan yang menjadi petani maupun nelayan, hanya menjadi penonton di atas tanah airnya sendiri. “Pemerintahan Jokowi-JK yang sudah menyusun agenda Nawacita dengan sangat baik, harus mengevaluasi kinerja bawahannya, seperti di sektor perikanan, pertanian, agraria, dan koperasi” sambung Sahat. (Haji Merah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here