Besok, Kaum Profesional Gelar Diskusi Kupas Tantangan BUMN Di Tengah Krisis Global

0
104

MMORR.NEWS – Masyarakat Profesional Madani Indonesia (MAPMI) akan menggelar diskusi publik, “Peluang dan Tantangan BUMN Hadapi Krisis Global pada Selasa (25/9/2018).

Acara yang akan digelar di Resto Gado-gado Boplo, Jl Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat ini, menampilkan nara sumber, antara lain mantan Ketua Komisi V DPR, Putra Jaya Husin, Eddy Junaidi (Direktur Kalimasada Institute), Salamudin Daeng (ekonom), Hendrajit (Global Futuere Institute), Perdana Wahyu (doseb pasca sajana Univ Yarsi) dan Abra Talattov (Indef).

MAPMI membeberkan, BUMN adalah soko guru pembangunan yang saat ini alami tantangan yang luar biasa karena situasi dan kondisi global yang tidak kondusif antara lain perang dagang Amerika dan China serta jatuhnya mata uang di Turki,Argentina dan lainnya.

Di tanah airpun Dolar AS berpotensi terus menguat terhadap rupiah. Jika ini terjadi, membahayakan BUMN, khususnya yang non keuangan atau perbankan. Total utang BUMN mencapai Rp 4.343 triliun pada 2017.

Untuk BUMN non perbankan atau non finansial mencapai Rp 610,7 triliun, dan 60% berbentuk valas. Kalau sampai dolar naik Rp 15.000, akan mengakibatkan BUMN kita berpotensi kolaps. Kini nilai tukar rupiah ke dolar sudah diangka Rp 15.000 dan ini adalah tantangan BUMN untuk menyikapi permasalahan ini.****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here