Banjir Bandang di Sentani, GEMURA Sampaikan Duka Mendalam

0
111

Evakuasi terus dilakukan oleh tim SAR gabungan saat banjir bandang di Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Pencarian dan penyelamatan korban banjir pun selalu dilakukan mengingatkan jumlah korban yang terus bertambah.

Hingga hari ini, (17/3/2019) pukul 10.15 WIB jumlah korban yang meninggal mencapai 50 orang. Dari 50 orang meninggal dunia, 38 jenasah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Papua, 7 jenasah di RS Marthin Indey, dan 5 jenasah di RS Yowari. Sebanyak 49 korban sudah berhasil diidentifikasi sedangkan 1 jenasah masih dalam proses identifikasi.

Setidaknya, ada 59 orang luka-luka yang dirujuk ke PKM Sentani, RS Bhayangkara dan RS Yowari. Dinas Kesehatan Jayapura dan Dinas Kesehatan Papua mengkoordinir penanganan tim medis bagi korban.
Evakuasi, pencarian dan penyelamatan diintensifkan untuk mencari korban.

Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi dan belum semua daerah terdampak dijangkau karena tertutup pohon, batu, lumpur dan material banjir banjir bandang.

Kepala BNPB telah melaporkan kepada Presiden dampak bencana dan penanganan bencana banjir bandang. Kepala BNPB bersama unsur dari Kementerian/Lembaga hari ini berangkat ke Sentani untuk memberikan pendampingan dan bantuan kepada Pemda Jayapura dan Papua.

Sementara, Ketua Umum DPP Gemura, Oktasari Sabil menghimbau agar masyarakat Sentani sabar dan kuat dalam menghadapi musibah. “Kami turut berduka atas musibah banjir di Sentani. Semoga korban meninggal diterima amal ibadahnya, dan korban banjir lainnya dapat selamat. Kami berharap, pemerintah sigap dalam menangani musibah tersebut,” harapnya.

Ia juga menganjurkan kepada seluruh pengurus, agar mendonasikan sebagian rizkinya untuk korban banjir di Sentani. “Insya Allah, kami akan turun langsung memberikan bantuan kepada para korban banjir. Sentani merupakan daerah yang bersejarah bagi saya, saya akan berusaha agar daerah tersebut kembali pulih,” imbuhnya kepada redaksi. (red-ms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here